Mengulas & Menggali makna lagu dari album Be Here Now - OASIS

Minggu, Mei 24, 2015


" Be Here Now (cover) "
gambar : dari google

Kali ini saya akan mengulas Album Be Here Now milik Band kesukaan saya, OASIS. Saya menulis review ini karena beberapa saat lalu gak sengaja buka-buka folder musik (karena iseng dan bosan) dan melihat deretan album-album milik oasis yang sebegitu banyak. Cerita sedikit, dulu sewaktu masih on-fire mendengarkan musik-musik oasis hampir bisa dipastikan dalam satu pekan saya hanya mendengarkan oasis. Tarolah sehari sealbum sampai akhirnya saya eneg sendiri karena saking seringnya muterin lagu-lagu oasis :D.
Hampir sedikit bahkan mungkin bisa dibilang tidak ada satu pun lagu oasis yang saya tidak suka. Saya sangat menikmati musiknya entah itu dari irama, tempo, penulisan lirik dan yang paling beda dari oasis adalah selalu ada makna yang kental dari setiap lagu. Terlebih lagu-lagu yang bernuansa sendu dan melankolis. Namun rasanya tidak mungkin saya tuliskan review semua lagu oasis tersebut karena banyak banget dan saya hanyalah penikmat musik bukan pengamat musik dan tulisan atau review album ini hanyalah tribute dari saya yang sangat menyukai Oasis. Jika anda ingin mengetahui lebih profil dari oasis silahkan googling, karena saya tidak membahas profilnya disini. Saya pilih album ini karena album inilah yang saya perdengarkan pertama kali walaupun lagu-lagu yang sangat saya sukai bukan berada di album ini tapi ya apa bedanya. Selamat membaca..

#1 D'You Know What I Mean?
Baiklah saya akan mulai di lagu pertama album be here now ini, Lagu pertama berjudul ‘D'You Know What I Mean?’ Awal saya membaca judul lagu tersebut sudah dibuat penasaran dengan judul yang cukup misterius dengan tanda tanya diakhir kalimat. Penggunaan tanda tanya memang sangat jarang ditemui pada sebuah judul lagu. Dan memang benar lagu ini sedikit membuat saya kagum dengan warna musik yang sangat kaya didalamnya. Terdapat beberapa racikan phycedelic di bagian intro dan outro membuat lagu ini sangat unik dan masih dapat dinikmati secara santai tanpa harus berpikir keras dalam menikmatinya. Pada bagian lirik saya melihat sebuah skenario yang mengalir dalam halusinasi seseorang  yang terjebak dalam sebuah kehidupan dimana orang-orang masih menganggap bahwa hidup harus sesuai dengan apa yang kebanyakan orang lakukan. Menjadi manusia yang hidup namun terperdaya aturan-aturan sehingga menjadikannya tidak berharga. Bahkan terdapat kalimat,
I met my maker
I made him cry
And on my shoulder he asked me why
His people won't fly through the storm
I said "Listen up man, they don't even know you're born"
Sebuah kalimat yang sangat menyesatkan bagi pemeluk agama apapun, yang percaya akan adanya tuhan. Saya hanya ingin berkomentar kalau lagu ini adalah lagu pembuka album yang sangat baik dari sisi dinamika lagu, komposisi dan racikan-racikannya. Dan lirik yang frontal menjadi nilai plus untuk lagu pembuka ini.
note : dulu waktu ps 1 masih musim lagu ini jadi sountracknya game kalo gak salah nama gamenya Road Race, bener ga ya ? :D

#2 My Big Mouth
My Big Mouth atau bahasa lainnya omdo kurang lebih seperti itu lah. Kita bisa rasakan pure british rock nya oasis dari lagu ini. Lagu rock yang renyah dan sangat layak konsumsi ini menjadikan siapapun pendengarnya menjadi manggut-manggut santai secara otomatis. Sangat rapih dan sangat menonjolkan ke-khas-an british rock versi oasis. Liriknya masih seputar membicarakan kekonyolan hidup dimana orang-orang sebenarnya tahu akan kebenaran namun kebanyakan dari mereka berpura-pura tidak tahu dan berkata dengan sangat lantang bahwa “yang benar tuh gini” pedahal itu semua hanya sebatas omongan. Lagi-lagi statement songong Noel Gallagher terlontar dalam lirik,
I ain't never spoke to God
And I ain't never been to heaven
But you assumed I knew the way
Even though the map was given
Gila !, kadang saya berfikir kadar ke-songong-an Noel hampir sama dengan statement Lennon yang mengatakan bahwa Beatles lebih hits dan tenar dibanding yesus. Haha sangat frontal.

#3 Magic Pie
Setelah dibawa manggut-manggut pada lagu My Big Mouth sekarang kita dibawa untuk sedikit merenung dan menikmati musik dengan lebih kalem. Karena genre pada lagu Magic Pie ini bergenre Brithpop (Genre utama) dari Oasis. Kenapa merenung ? bila kita perdalam liriknya banyak pesan, pernyataan serta pandangan yang puitis tentang “Optimisme hidup” sebuah keyakinan akan mimpi. Seperti kalimat “An extraordinary guy, Can never have an ordinary day” “They are sleeping while they dream And then they want to be adored They who don't say what they mean Will live and die by their own sword” dan sangat memberi motivasi pada lirik “But I'll have my way In my own time I'll have my say My star will shine”.
Saya menganggap lagu ini merupakan lagu yang memberi dampak positif bagi siapa-pun yang mempunyai mimpi besar dan sedang berusaha untuk mewujudkannya.

 #4 Stand By Me
Rasanya saya gak pengen banget ceri tentang lagu ini :D
Siapa yang tidak tahu dengan lagu yang sangat hits di era 90an “Stand By Me” yang sekarang menjadi judul serial movie Doraemon -_- *gak ada hubungannya sih. Hampir semua orang mengetahui lagu ini lewat acara musik mingguan MTV pada saat itu, walaupun tidak tahu judul dan bandnya setidaknya kuping anak-anak 90an peka kalau dengar musik ini. Seperti halnya saya, tadinya saya tidak tahu Oasis dan lagu stand by me ini namun dari lagu stand by me inilah saya tahu dan sangat menyukai oasis. Saya mulai menyukai Oasis pada saat pertama masuk kuliah karena pertemuan saya dengan teman ‘Rizky rahdianto a.k.a Aboh’ Awalnya kita berbincang-bincang soal The Beatles, saya terkesan karena ada juga orang mempunyai selera musik yang sama. Aboh “lo suka oasis juga dong?” “Oasis ?” “masa lo suka beatles ga tau oasis?” “seriusan gw ga tau oasis ky!” “yauda ntar gua ke kosan gw copy-in lagu-lagu oasis full album buat lo” dari situlah akar pengetahuan saya akan band-band brithpop bermula. Hampir setiap hari saya memutar Oasis dikosan dengan sangat kencang, sampai rasanya lagu-lagu oasis sudah diluar kepala hingga rasa ingin tahu membuat saya menjadi orang yang tidak bisa lepas dari belenggu brithpop dan british rock pada saat itu, Saya kerap mendengarkan band-band British lainnya seperti The Stone Roses, Blur, Pink Floyd dan sejenisnya dimanapun. Saya bisa simpulkan kegilaan saya menyukai musik British adalah pada saat itu. Stand by me.. gokil

#5 I Hope, I Think, I Know
Setelah lagu fenomenal Stand By Me selanjutnya ada I Hope, I Think, I know. Bagi saya lagu ini termasuk lagu yang membakar semangat ketika akan berangkat ngampus. Maknanya hampir sama seperti viva la vidanya cold play namun saya lebih menyukai lagu ini. Beat yang cepat dan easy listening membuat aura menjadi semangat dan positif dan ya, lagu ini mengajarkan sikap percaya pada diri sendiri akan sikap optimis,
As we beg and steal and borrow
Life is hit and miss and this
I Hope, I Think, I Know
  
#6 The Girl In The Dirty Shirt
Akhirnya kita menemukan lagu bertemakan percintaan disini, lagu ini menggambarkan cinta itu dirasakan oleh hati. Betapa seorang(pria) yang tersirat dalam lirik ini menganggap bahwa semua yang membuatnya nyaman dan bahagia akan tetap abadi walaupun ‘The Girl In The Dirty Shirt’ anggapan kotor atau buruk dalam hal ini hanyalah pandangan orang yang tidak memahami perasaan dan tidak tahu segalanya. Bagian paling romantis adalah di akhir lirik,
If you ever find yourself inside a bubble
You've gotta find your own way home
You can call me anytime you're seeing double
Now you know you're not alone
Wanita mana yang gak klepak-klepek kalo ada pria yang dengan tulus berkata demikian kepadanya :D

#7 Fade in-out
Wah saya suka sekali lagu ini, kalau kita dengarkan rasanya angan seperti dibawa kedalam scane west country. Memang lagu ini benyak terdapat unsur country seperti teknik noel memainkan gitar menggunakan iron finger, tempo yang konstan dari awal hingga akhir membuat lagu ini seperti selingan untuk sekedar merefleksikan dan merefresh pendengaran dipertengahan album yang lumayan panjang ini. Saya menyebutnya Break music
Saya tidak mencoba untuk mendalami liriknya karena lagu ini memang pas untuk hanya sekedar di dengarkan saja.

#8 Don’t Go Away
Don’t go away, lagu bertemekan percintaan kedua dalam album ini. Kisah dalam lagu ini syarat akan makna kebersamaan. Ketika kita tidak akan sanggup berdiri sendiri tanpa adanya seseorang yang selalu ada. Penulisan lirik digambarkan sangat puitis, bahkan hanya dari lagu-pun tanpa mengerti lirik nalar kita sudah mengerti artinya. Mungkin ini salah satu lagu yang ditulis noel sesuai dengan pengalaman hidupnya. Mungkin. Titik klimaks terdapat pada bagian,
Me and you - what's going on?
All we seem to know is how to show
The feelings that are wrong.
Ketika cinta tidak dapat lagi dinyatakan, hanya dapat dirasakan. Dari situlah kita dapat menarik pesan bahwa ‘Cinta bukanlah pernyataan, namun perasaan”. Sangat menyentuh.

#9 Be Here Now
Yes inilah lagu yang judulnya sama dengan albumnya, mungkin juga nama album diambil dari lagu ini, entahlah. Namun tetap saja be here now tidak se hits stand by me yang merajai Chart UK Music pada saat itu. Entah apa yang dikisahkan pada lagu ini, saya tidak termotivasi untuk menggali maknanya hanya menikmati lagunya saja. Cita rasa Rock n’ roll sangat ketara pada lagu ini di tambah manis dengan siulan Liam Gallagher pada part-part pertengahan. Epic!

#10 All Around The World
Lagu ini mempunyai alur menanjak, Dari detik pertama siapapun pasti akan beranggapan endingnya akan se-melow intronya. Tapi kejeniusan oasis membuat lagu ini penuh warna dan aransemen yang tidak disangka-sangka. Seperti penambahan sleepy effect pada intro dan lirik ‘It's a bit early in the midnight hour for me’ membuat ‘wah ini cocok didengerin tengah malem pas lagi sepi-sepinya’ tapi dipertengahan hingga akhir lagu ini tidaklah membuat kita tertidur malah sebaliknya kita akan dibuat melek karena outro ditambahkan lantunan orchestra yang sangat megah. kembali inti lagu ini tentang rasa optimis menghadapi hari.

#11 It’s Getting Better (Man!!)
Judul yang unik, kata ‘man’ di dalam kurung. Kenapa tidak ‘girl’. Menurut saya lagu ini di khususkan untuk diperdengarkan oleh pria. Lagu ini seperti memberi semangat kepada pria-pria lembek :D. Kalo boleh jujur saya kurang suka lagu ini dari sisi dinamika lagunya yang monoton dan terkesan membosankan. Just my opinion J

#12 All Around The World (reprise)
Album ini ditutup oleh lagu yang sepertinya outro dari lagu All Around The World track #10. Lagu ini sangat epic karena tanpa lirik dan seperti penuh dengan efek psikedelic. Saya menyukai gaya musik tersebut terlebih influence oasis pada lagu ini full mengambil gaya bermusik the beatles era magical mystery tour. Musikalitas yang sangat berkualitas sekaligus menjadi penutup album yang manis.

Itulah sedikit ulasan dari saya tentang album Be Here Now milik Band British paling saya sukai setelah The Beatles. Oasis buat saya khususnya anak 90an sangat memberi kesan mendalam dari setiap karya-karyanya terlebih saya menyukai penulisan lagu yang ditulis oleh Noel Gallagher, Maknanya sangat dalam dan puitis. Walaupun sejujurnya saya tidak menyukai Liam Gallagher karena gaya dan sifatnya but saya sangat menyukai Oasis. Ada beberapa bahkan banyak lagu-lagu oasis lainnya yang sangat saya sukai ketimbang lagu-lagu dalam album be here now ini. Tapi saya hanya akan memberi tahu lagu-lagu itu kepada seseorang yang spesial dalam hidup saya kelak hehe.
Semoga harapan akan kembalinya oasis dalam tahun-tahun kedepan ini akan terwujud, Amin J

- Selamat Menikmati, Oasis -

25 Mei 2015

You Might Also Like

3 komentar

Popular Posts