Tugas Tulisan : Persiapan sebelum atau setelah kelulusan sidang sarjana

Minggu, April 05, 2015


" Semangat "
gambar : dari google

Hari ini minggu 5 april 2015 adalah hari libur terakhir setelah beberapa hari ini tanggal dikalender memerah selama tiga hari. Mungkin bagi kebanyakan teman-teman libur panjang ini dimanfaatkan untuk berlibur, traveling dll untuk mengisi liburan mereka, lain halnya dengan saya, apalah daya kemarin selama dua hari saya istirahat total dirumah karena fisik yang sedang tidak fit. Seolah fisik ini berkata “Liburan gini emangnya mau ngapain bro ? mau kemana ? sama siapa ? mending tidur aja dirumah bangun-bangun entar deh senen kuliah lagi” sedikit terdengar menyedihkan memang.

Saya juga baru ingat kalau tugas kuliah (softskill) belum saya kerjakan pedahal hari ini tanggal 5 adalah deadline posting terakhir (maaf ya bu widya saya telat mengerjakan tugas dan tulisan).
Lalu saya menanyakan tema apa untuk tugas tulisan kali ini kepada teman saya kartina, dia bilang temanya tentang “Persiapan Sebelum dan Setelah Kelulusan Sidang Sarjana”  
Sebenarnya tema ini menarik tapi entah kenapa sedikit membuat saya galau, Sedikit menyadarkan saya juga kalau saya ini sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir dan bentar lagi lulus. Sangat ‘Pas’ sekali bu widya menugaskan membuat tulisan bertema tersebut.

Jika ditanya persiapan, siap atau tidak saya sudah sangat siap sekali untuk sidang dan lulus. Karena tujuan akhir saya kuliah kan untuk lulus, tentunya lebih cepat lebih baik. Tetapi kalau ditanya sudah sejauh mana persiapan kamu menyiapkan bekal untuk kelulusan itu ? saya seolah hampir tidak bisa menjawab. Jujur saja selama ini saya kuliah hampir belum pernah merasakan bagaimana rasanya berada di dunia kerja, tarolah magang pun di jurusan saya tidak ada (diganti PI) dan saya membayangkan bagaimana rasanya ketika saya lulus dan dituntut untuk bekerja dengan pengalaman kerja yang hampir tidak ada pengalaman. Mungkin ilmu atau pengetahuan selama hampir 4 tahun saya belajar dikampus menjadi bekal yang penting namun rasanya masih kurang meyakinkan diri saya karena hal yang terpenting dari semuanya adalah pengalaman kerja itu sendiri. Saya sedikit agak menyesal karena selama 4 tahun kuliah hanya dihabiskan untuk belajar dikelas dan menekuni bisnis (usaha), pertanyaan “kenapa dulu gak nyoba magang atau freelance selama liburan kuliah atau memanfaatkan waktu kosong untuk menjadi asisten lab dikampus ?” –pun muncul dengan sendirinya. Saya sadar saya kurang bisa memanfaatkan waktu dan kurang motivasi.

Penyesalan selalu ada di akhir cerita, terlalu menyesali –pun tidak dibenarkan. Jadi saat-saat sebelum sidang seperti sekarang ini saya manfaatkan untuk terus menggali potensi dan memperbanyak skill dibidang saya agar nantinya dapat mempermudah dalam mencari pekerjaan. Namun saya tidak terlalu was-was juga kenapa dulu tidak ada motivasi untuk magang atau pencari pengalaman di dunia kerja karena sejak awal saya mempunyai prinsip untuk bisa mandiri, untuk tidak harus selalu tergantung dengan orang (perusahaan) dengan kata lain saya berkeinginan setelah lulus nanti saya akan menciptakan lapangan pekerjaan ‘bukan’ bekerja di perusahaan. Makanya selama kuliah waktu saya malah banyak dihabiskan untuk mengelola bisnis (usaha). Namun terlepas dari itu saya juga harus mempunyai bekal dan pengalaman di bidang saya. Jadi kesimpulannya, saat ini saya sedang mengupayakan yang terbaik untuk saya sendiri dan khususnya untuk orang tua saya. Semoga selalu dilancarkan segala sesuatunya. Dan saya selalu berharap apabila nanti saya bekerja diperusahaan atau instansi atau apapun saya mendapat posisi yang enak dan hasil yang berkah begitupun apabila saya menekuni usaha atau berwirausaha saya menjadi pengusaha yang sukses. Semua tergantung nasib dan usaha..

“ Segala sesuatu yang direncanakan dengan baik, dilakoni dengan sunguh-sungguh,
ditambah semangat positif, pasti dan selalu
akan membuahkan hasil yang terbaik “

Semangat buat teman-teman UG Sistem Informasi 2011. Sukses !!

Salam,
- Muhamad Syahid Abdurrahim -  

5 April 2015

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts