Catatan Seorang Ayah di 2022

Minggu, Oktober 16, 2022

" RM Ayam TL Cikole - Sukabumi "
gambar : jepretan istri


2022 bagi saya adalah waktu yang 'wajib' disyukuri. Walaupun tidak kita pungkiri masalah yang ada sekarang memang berat. Dunia sedang tidak baik baik saja. Konflik, masalah kesehatan (virus) , ekonomi yang tidak stabil dan dampak domino yang membuat keadaan semakin semrawut. Waktu berputar mengikuti kodrat alam, begitu pula jika kita bicara siklus. Tidak terkecuali siklus ekonomi yang pasti naik pasti turun. Bukan hal yang aneh dan menakutkan jika kita belajar dari sejarah ekonomi mengenai siklus, resesi ataupun krisis ekonomi adalah suatu keadaan yang biasa dan pasti terjadi. Tinggal bagaimana kita matangkan persiapan menghadapi krisis dan bagaimana strategi kedepan agar krisis dapat dilalui dengan baik dan ‘menguntungkan’. 

Kasampingkan dulu persoalan krisis, kita bicara hal yang ringan saja. 

Menjadi karyawan perusahaan di 2022 sangat menyenangkan. Tidak pernah terbayangkan diawal saya berkarir di 2019 bahwa bekerja bisa se-fleksibel seperti sekarang. Dirumah, kebebasan waktu, kebebasan aktivitas dan yang paling penting bagi seorang ayah yang memiliki anak balita adalah kebebasan waktu untuk bersama dan bermain. 
Saya merasakan betul bagaimana sesalnya kehilangan waktu ‘bermain' bersama ayah ketika waktu kecil. Ayah sibuk bekerja, berangkat pagi pulang malam hingga saya beranjak besar dan sekolah masa kebersamaan itu masih menjadi pertanyaan. ‘Bagaimana rasanya ya bermain bersama? ‘. Sedih memang, namun saya bersyukur dan bangga bahwasanya saya memiliki ayah yang sangat hebat, bertanggung jawab dan sangat baik dalam membesarkan anak-anak nya. Rasa kehilangan itu akhirnya terbayar di 2022, syukur alhamdulillah saya dikaruniai anak laki-laki yang sehat dan ‘mirip’ saya waktu kecil sehingga saya dapat merasakan dan mengobati rasa kehilangan masa kecil itu dengan cara ‘bermain bersama' dengan anak saya sekarang. Rasanya seperti balik lagi ke masa lalu, dan itu sangat membahagiakan. Mungkin waktu mengajarkan bahwa sesuatu yang hilang akan diganti dengan sesuatu yang baik dikemudian hari, apapun bentuknya. Selama kita tidak banyak menuntut kepada tuhan akan kesedihan hari ini, kita akan menemukan makna baik dikemudian hari. 

Kebaikan itu salah satunya adalah menjadi karyawan WFA (Work From Anywhere) di 2022. Bekerja lebih nyaman, bersama keluarga lebih dekat dan waktu yang dilalui menjadi lebih berkualitas. 
Walaupun memang tidak semua karyawan yang dapat merasakan WFA ini, namun segala sesuatu adalah hal baik yang harus disyukuri. 

“Apapun yang kita jalani setiap hari, jika dirimu adalah seorang ayah. Sempatkan waktu bermain bersama anak. Karena waktu akan cepat berlalu dan kenangan indah bersama akan membekas abadi” 

16 Oktober 2022


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts