Cerita dibalik GLG 2014

Selasa, Januari 06, 2015


" GLG 2014 "
 gambar : Badge Artist

Gunadarma Local Gigs atau GLG adalah acara ‘hura-hura’ tahunan yang di selenggarain BEM Fakultas Teknik Industri dengan membuat suatu acara musik dengan menampilkan band-band local gunadarma dan satu guest star tiap tahunnya. Udah dua kali acara GLG terselenggara sebelumnya tahun 2013 lalu acara perdana GLG digelar di sekitaran margonda kalo ga salah di zoe café dan yang terakhir November 2014 kemarin di ECO Bar Kemang Jakarta.
Tapi kali ini gue bukan mau ngebahas acara tersebut melainkan cerita internal band dibalik acara tersebut, yang didalamnya membahas arti pentingnya persahabatan..



2013 lalu ketika Tuesday on March (band yang sebelumnya pernah gue ceritain) lagi gila-gilanya berkarya, masih gila-gilanya main dimana-mana dan masih ayo-ayo aja, TOM kepilih buat ngisi acara di GLG #1 tapi gilanya juga GLG#1 adalah Gigs terakhir yang kita ikutin setelah rentetan acara dimana-mana itu.. seudah itu fakum. Agak konyol juga sih kita fakum karena kesibukan, yang satu sibuk main dota yang satu sibuk PI. dan gue gatau sibuk apaan.. ga jelas lah.. sampe akhirnya kekonyolan berlanjut dimana gue harus ada konflik sama si nas a.k.a ryan cuma gara-gara cewek. Bah konflik sama nas gara-gara batal main di sebuah acara. Kalo gue boleh jujur kedua orang ini tuh ‘batu’ gue juga sih.. ya kita batu lah sama-sama keras. puncaknya pas si nas memutuskan buat PP dan ga ngekost lagi kita jarang banget ketemu.. Jangankan ketemu komunikasi via bbm atau hanya sekedar nyapa-nyapa aja jarang.. walaupun gue sama bah masih sering ketemu sih tapi ya ketemu juga dikosan si bah tetep sibuk main dota..

Setahun berlalu tanpa megang alat-alat musik rasanya kok kayak ga ada gairah.. kuliah hanya sebatas kuliah dan gitu aja udah..

1 November.. si bah ngajak gue buat “id GLG bikin acara lagi tgl 27 November. main ga ?” gue agak herman juga tumben nih anak, tanpa pikir panjang daripada suntuk ga ada kegiatan “ayolah”. “tapi kali ini audisi dan harus ngasih demo” “selow gue punya temen drummer” di ajak lah kukuh prasetyo. seorang drummer pro dengan skill yang serba bisa.. Berangkatlah kita buat warming up di wazap margonda itung-itung ngelemesin jari :D
bah “id kayanya gue perlu gitaris lagi buat ngisi” “selow gue punya temen gitaris anak kelasan” di ajaklah panji maulana dan langsung latian.. Semua tentang pembuatan single buat demo panji yang banyak berperan disini.. dengan meng cover lagu the beatles – Come Together kita balut dengan balutan blues yang manis. 

Terciptalah band dengan nama temporary tension yang didalamnya beranggotakan gue, bah, panji, kukuh. Jujur gue udah cocok sama formasi ini. rasanya ini band punya sense of musik yang bagus.. Setelah beberapa kali latian ada sedikit perbedaan selera disini yang sebenernya sepele tapi pada akhirnya fatal. Si bah yang the beatles addict kepengen list lagu untuk nanti main di acara tanggal 27 itu bawain lagu beatles semua yang bernuansa psikedelik, panji kepengen list lagu british yang universal. Inti masalahnya itu.. karena si bah itu orangnya ‘batu’ udah bisa ketebak dia langsung bilang “gue ga mau main bareng panji”. Gue disini mencoba buat bersikap netral dan terserah lah mau main ayok engga juga ga masalah tapi si bah dengan nada sedikit emosional kembali ngingetin gue “acara GLG ini acara terakhiran kita main di acara kampus id, kapan lagi kita bisa main di acara gigs gini, bentar lagi kita udah mau lulus, gue pengen bawain yang beda”
pada akhirnya panji mundur dan kukuh juga ga mau main kalo keadaannya kayak gini, yaudah tinggal gue sama bah yang tersisa. disisi lain gue agak menyayangkan sikap si bah ini, gue ga enak banget sama panji dan kukuh (sorry ya vroh maafin gue dan bah, berkat kalian juga kita lolos buat bisa main di kemang). Tanggal 26 November sehari sebelum acara gue ama bah galau “besok gimana, drummer ga ada gitaris ga ada” bah “yauda kita main berdua aja” gileee ni orang nekat parah.

Tiba-tiba kita keinget sama sosok si nas. bah “si nas gimana kabarnya ya ? anjir kenapa ga pake dia aja ?” “males gue bah, tau sendiri gue ada masalah sama dia” “iya sih gue juga.. tapi dia tuh sebenernya orangnya baik loh” sontak gue terharu si bah bilang gitu, pengen ngakak juga  :D “udah id lu baikan sama si nas, dulu kita bareng-bareng masa sekarang pas udah mau lulus gini malah mencar-mencar, kita udah punya feelnya kalo sama si nas dan gue yakin bakal kaya gimana besok kalo sama dia” gue ga ada pilihan lain dan ngerasa ngapain juga harus ada konflik sama sahabat gue “yaudah ! hubungin dia suruh kumpul dikosan sekarang”.
Sore itu sekitar jam 5an kita kumpul dikosan buat reunian sama si kampret nas :D akhirnya gue maaf-maafan sama doi. “gila kita dari dulu ga pernah bisa dewasa, tetep kayak bocah haha” ya memang begitu adanya.
terus kita jelasin ke nas soal acara, dia cuma ketawa-ketawa aja. Intinya sih kedua kampret ini walaupun batu tetep sahabat terbaik gue!.

Malemnya kita langsung breafing dan latian lagi setelah setahun fakum dan hasilnya cukup meninggalkan kesan yang dalam, permainan kita tetep konsisten sama seperti setahun yang lalu. Dimana teriakan-teriakan bah yang khas, permainan drum nas yang kasar. Rasanya semua kayak di reset ulang. emang gue akuin Selera musik kita liar, sifat kita kekanak-kanakan, dan sampai kapan pun akan tetap seperti itu. :D
latian selesai dan Kepercayaan diri kita full buat main besok di acara.

Keesokan harinya 27 November 2014 kita siap main di GLG #2. Temporary tension kebagian buat ngisi opening jam 5 sore. Emang udah hebitnya woles, yauda kita berangkat dari depok menuju kemang jam 5 sore di mobilnya nas. Yang ikut bareng dari depok saat itu ada TW, Fahmi sama Rizal. Anak-anak yang lain udah ada di Eco Bar kemang.
Panitia udah panik parah kita belum nyampe jam 5, keadaan saat itu Jakarta emang pas lagi macet-macetnya. Terus-terusan bah chat via WA sama panitia. (udah ciri khas kita dari dulu ga pernah on-time -_-) dan nyampe di kemang jam 6.30. Panitia mempertanyakan kenapa kita ga on-time, terus dia jelasin kalo ada perubahan waktu dimana guest star ga mau main jam 11 malem, pengennya di majuin jadi jam 10. otomatis kita ga bisa main. FAK !

disisi lain emang kita akuin kita salah ga on-time tapi disisi lain juga kita kecewa sama panitia yang ga tegas ngatur jadwal main dan acara molor sampe beberapa jam. Dimulai jam 8 malem.. konyol -_-“
Yaudah setelah itu judulnya bukan ngisi acara tapi ngehadirin acara, ngeliat dan nikmatin crowd temen-temen dari band-band local kampus perform, mencoba nenangin diri nikmatin suasana sama si nas, disitu gue berfikir ‘mungkin ini jalannya gue harus baikan lagi sama nas’ dan gue ngambil pelajaran berharga pada malam itu.

Jam 12 malem kita balik duit gue tinggal 10rb (buat panitia GLG taun depan ngadain acara jangan di kemang, ecobar bukan tempat yang pas buat anak kosan kyak kita-kita pada. Banyak godaan nya lah :D) dan di perjalan pulang si bah ngomong “ga apa-apa kita ga jadi main, intinya yang paling penting kita bisa bareng-bareng lagi” suasana berubah jadi romance-romance geli haha

Kadang waktu membawa kita untuk sedikit berfikir bagaimana pentingnya sebuah arti persahabatan
dan

waktu menjawab semua ketika satu sama lain membutuhkan

Bah

Nas

Me


6 Januari 2014

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts