Perpaduan antara musik Metal dan tilawah Al-qur’an

Sabtu, Maret 15, 2014


"Anak Metal"
gambar : dari google


hari minggu bagi seorang anak kost adalah hari yang tepat untuk berpacar-pacaran. seperti yang saya lakukan sekarang ‘berpacaran dengan laptop, ngeblog, denger musik’ “sayang temenin aku dikosan ya buat hari ini, ga usah kemana-kemana kita” *ngomongSamaLaptop -_-“
 
kali ini saya posting hal yang bisa dibilang ‘gak ada dari sananya’, karena ini pengalaman pribadi yang sayang kalo cuma saya yang merasakan “perpaduan antara musik metal dengan tilawah al-qur’an” ngeri gak tuh judul ? mudah-mudahan setelah saya  post tulisan ini saya gak diontrog anak metal dan para alim ulama ya amin lah :D


baiklah ga usah lama-lama basa basinya kita mulai berpacarannya yah, selamat berpacmbaca …

“ To whom my concern
which testify to syahadat
Israel had declared
a war by throwing
words let’s fight
in the name of Alloh
(jihad fisabilillah) “

kata-kata diatas bukanlah puisi, bukan pernyataan, bukan juga sebuah profokasi. kata-kata diatas adalah sebuah lirik lagu dari band metal Indonesia yang bergenre grindcore metal. band tersebut adalah “tengkorak” band yang membanggakan dan cukup besar namanya di kancah internasional. pertanyaan paling mendasar adalah kenapa band metal yang biasanya banyak menggunakan scream, lagu yang bertempo cepat, memekakan telinga, berlirik sinis, satanis, rasis, menyesatkan, tapi tengkorak mengangkat lirik bernuansa keagamaan ? ombat (owner tengkorak)dengan santai menjawab “Dakwah”.
bagaimana menurut anda, Lucu ? aneh ?.. menurut saya itu KEREN ! REVOLUSIONER ! CERDAS !

perlu diketahui dan diluruskan bahwasanya metal yang terdengar dimasyarakat adalah sebuah aliran musik yang brutal dan menyesatkan adalah salah. karena menurut saya metal adalah bagian dari musik yang bersifat universal sama seperti aliran musik lainnya. menjadi menyesatkan dikarenakan pandangan serta penerimaan yang salah dari masyarakat awam yang memandang sinis dan penikmat musik pula yang kurang bisa mengontrol nafsu dan pikirannya sehingga musik metal memperdaya dirinya menjadi manusia yang negatif. itulah garis besarnya tapi balik lagi ke judul posting kali ini saya tidak ingin membahas detail tentang musik metal tapi lebih ke sharing tips yang akhir-akhir ini saya lakukan.

awal kenal musik metal pas SMP kelas 9 pada saat itu band metal yang paling ngetop dan paling saya suka diantaranya ada carcass, spinal tap, artillery udah segitu aja. ketiga band itu masih wajar untuk konsumsi anak SMP karena metalnya masih termasuk heavy metal yang agak selow. nah dari permulaan itulah saya jadi kepengen tau dan denger jenis-jenis musik metal yang lain sampe pas kelas 11 SMA bisa dibilang autis kalau udah denger lagu metal haha dan seperti yang saya bahas tadi pada saat itu saya masih jadi penikmat atau pendengar musik yang belum bisa mengontrol nafsu dan pikiran jadi outputnya saya jadi seorang anak SMA yang ‘agak’ nakal :D
tapi sisi baiknya pada saat itu dari sisi psikologis musik metal membuat saya lebih bersemangat, disiplin, dan tidak pernah lemah menghadapi masalah karena tergambar jelas dalam ketukan yang tegas, nada yang rumit namun terarah, scream yang membakar semangat, dan pasti membuat mental menjadi kuat walaupun secara tidak langsung.

setelah lulus SMA saya jarang denger musik metal lagi, masukan dari ibu juga sih, beliau bilang “jangan terlalu sering denger musik setan” katanya haha. jadi pas mulai masuk kuliah saya lebih kaleman, lebih menata diri memperdalam ilmu agama, kalau denger musik juga paling lagu-lagu folk, akustik, sampai belum lama sekitar semingguan yang lalu saya benar-benar kekurangan semangat kurang semangat kuliah, kurang semangat mengawali hari, pokoknya letoy lah. walaupun rutin tilawah qur’an ba’da subuh dan magrib tapi yang didapat bukan semangatnya tapi ketenangan hati. terus gak tau kenapa waktu itu setelah tilawah kepengen banget denger musik metal lagi, aneh sih, heran saya juga, mungkin cuma kangen sama musik-musik cadas kali ya haha. terus dengerin deh lagu burgerkill satu album di album venomous, track pertama diawali lagu ‘under the scars’, dan benar saja semangat tuh ibarat batre handphone lagi lowbat terus di cas sampe full beres denger burgerkill satu album itu rasanya semangat banget, lebih optimis, lebih fokus. dan langsung dalem hati bilang ‘mantap nih resep, terima kasih ya Alloh’ haha.

ketenangan hati dan semangat hidup adalah hal yang sangat dibutuhkan manusia dalam menjalani kehidupannya. jadi bagi saya ketenangan hati itu diperoleh dari beribadah atau mendekatkan diri kepada tuhan seraya berdoa dan berikhtiar didalamnya kemudia untuk semangat, optimisme hidup, dan ketahanan mental saya lebih memilih untuk mendengarkan sajian musik-musik metal underground \m/.
kalau kata iklan susu “TRUST ME, IT’S WORKS” silahkan dicoba tipsnya hehe.

kesimpulan dari postingan ini pertama jangan dulu menjudge, menyimpulkan, kalau musik metal itu musik urakan, gak jelas, atau apalah yang kebanyakan menjadi pandangan awam. tapi coba resapi dan nikmati dengan cara memperhatikan irama dan ketukannya jangan hanya sekedar mendengarkan. kalo cuma sekedar mendengarkan saja sudah pasti orang yang gak tahu atau yang gak suka musik metal bakal pusing dengerin, itu tipsnya.
kedua perlunya mempunyai ketahanan iman yang kuat haha, kenapa ? karena musik metal bisa dikategorikan musik yang begitulah. contohnya banyak remaja-remaja labil yang suka musik metal (anak metal) yang terjerumus kedalam kesesatan bathin nya, banyak yang memuja setan, dan masih banyak lah fenomena seputar itu. jadi menurut saya ‘kalo belum cukup umur dan belum cukup cerdas jangan dengerin musik metal, bahaya’ karena saya yakin anak metal itu gak ada yang labil. mereka membawa musik metal dalam kesehariannya kearah yang positif seperti berkarya, bersosial, dengan misi membawa perubahan positif (itu yang the real anak metal). jadi jangan kabawa sakaba-kaba lah kata bahasa metalnya :D

udah segitu dulu deh tips nya. buat pembaca mohon maaf apabila terdapat pemahaman yang keliru dari postingan saya ini, saya hanyalah seorang penikmat musik awam, dan seorang hamba Alloh jadi saya sangat berharap dapat menerima kritikan dan sarannya, silahkan di komen lah :)

jadi setuju yah,
KEEP METAL, KEEP STRONGER, and NEVER GIVE UP. 

ALLOHU AKBAR !


16 Maret 2014

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts