Curhatan Seputar TA

Kamis, April 24, 2014


" Tugas Akhir "
Gambar : dari Google


Bagi sebagian besar mahasiswa tingkat akhir, PI atau penulisan ilmiah atau penelitian ilmiah atau TA atau tugas akhir kebanyakan menyebutnya, merupakan tugas yang sangat berat dan wajib. Seorang mahasiswa tidak mungkin lulus atau diperbolehkan sidang sebelum dia menyelesaikan TA.
Uniknya di kampus tempat saya kuliah TA ini dibagi dua sesi, yang pertama di smester 6 (sekarang) mahasiswa melakukan penulisan ilmiah (PI) untuk melengkapi persyaratan gelar setara sarjana muda atau d3 dan TA satunya lagi (skripsi) nanti di smester 7 dan 8 untuk melengkapi gelar strata satu atau sarjana.
Sisi lain dari TA ini adalah ketika obrolan sehari-hari entah itu di kosan, kampus, atau dimanapun bertemu teman seangkatan berubah menjadi “gimana PI lo ? udah bab berapa ? aplikasinya udah jadi ? gimana DP lo ? di acc gak ?” adalah lumrah dan menjadi topik obrolan yang membosankan karena pertanyaan gak jauh seputar PI, PI dan PI. Jawaban para pejuang PI bermacam-macam dan kebanyakan mereka mengeluh, curhat tentang DP, bingung dan putus asa. Bahkan ada salah seorang temen saya sampe bilang “gw sih berharap gw ketabrak, ada orang yg nusuk dari belakang, atau apalah yang penting gw ga ketemu PI lagi” betapa menyeramkannya PI bagi mahasiswa tingkat akhir, bagai mimpi buruk berkepanjangan.

Beda halnya dengan saya, PI buat saya seperti tugas yang “yaelah PI doang” :D. Dalam proses pembuatan PI saya gak pernah ngalamin apa itu judul ditolak, dicuekin DP, semua lancar-lancar saja Alhamdulilah. Sedikit heran ditengah para pejuang yang kelabakan tentang PI saya yang sebenarnya adalah mahasiswa bermasalah dengan IPK dan akademik ngerasa enjoy ngadepin PI dan lancar, ajaib.
Tapi pasti ada saja sih penghambat atau hal yang ngebuat mood buat ngerjain PI jadi agak kacau, kalau saya hal yang paling bikin mood kacau ketika tiba-tiba inget “tersebut” dan efeknya adalah berandai-andai “andai dia selalu ada buat gw, nyemangatin gw, perhatiin gw pas lagi TA gini” dan itu sangat merusak konsentrasi, finally galau tanpa sebab matiin laptop dan, tidur.

Semangat dan motivasi adalah hal penting dalam pembuatan PI ini, sangat penting. motivasi digali dalam diri, dikembangkan, dan pastinya semangat didapat dari si-pemberi semangat. Coba anda bayangkan apabila kita termotivasi untuk melakukan sesuatu tanpa dibarengi dengan semangat apa yang terjadi. Begitulah yang saya rasa sekarang. TA rasanya hambar, datar, tidak menarik dan tidak berkesan karena saya sadar ada sisi yang hilang dalam proses yaitu “si-pemberi semangat”. pertanyaan liar yang selalu mengganggu adalah, kemana perginya ketenangan, optimisme, kesabaran yang kemarin menjadi pelengkap hari-hari ini. Menghilang disaat saya butuh. Jawabannya hanya tanda tanya dibalik kenyataan yang kurang bisa diterima. (Buat tersebut, makasih ya.. udah bikin saya selalu inget tentang kamu terus menerus, kamu memang jahat J )

Terlalu rugi memang apabila konsentrasi hanya terfokus pada sisi yang hilang itu. kasarannya kalaupun terus dipikirin juga gak bakal bisa menunjang biar TA saya cepet selesai.
Bukan bermaksud sombong, kalau dipikir-pikir saya merupakan orang yang beruntung. Karena pembuatan PI saya merujuk pada aplikasi yang akan digunakan oleh sebuah perusahaan besar yang siap membeli aplikasi yang saya buat, terikat dengan nama perusahaan dan akan mempekerjakan saya pada perusahaan tersebut setelah lulus nanti. Sebuah pencapaian yang patut saya syukuri sebenarnya. Jadi kesimpulannya penghambat TA saya hanyalah terlalu fokus pada sesuatu yang sebenarnya mustahil terjadi dan itu adalah kesalahan. saya harus lebih berfokus pada syukur untuk menikmati semuanya.

Tapi ya, semua orang butuh lah penyemangat.. hehe

Harusnya sekarang saya lagi ngelanjutin penulisan nih, tapi malah nulis blog. Sengenggaknya unek-unek seputar PI udah saya keluarin lewat postingan ini. Blog buat saya media sih, media curhat haha. Jadi ya maaf kalau tulisan ini gak banyak manfaat buat pembaca.


Mohon doa restu untuk kelancaran Tugas Akhir ini. salam J

24 April 2014

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts